Sunday, September 23, 2012

Tata Nano : Mobil murah yang menarik perhatian pelanggan

Mobil Tata Nano
Tata Nano menjadi pusat perhatian para pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di stan Tata Motors Indonesia yang berada di arena Pekan Raya  Jakarta sejak pameran dibuka pada Kamis (20/9).

Mobil berbobot 960 kilogram itu selalu membuat para pengunjung pameran penasaran terutama terkait harga jual, ketersediaan, dan waktu pemesanan.

Tata Motors Indonesia belum resmi mengumumkan harga Tata Nano, seorang staf  penjualan Tata mengatakan Nano akan dijual pada kisaran Rp70 juta.

Dua mobil Tata Nano berwana putih dan jingga menarik perhatian pengunjung karena mesin dua silinder 624 cc dan menghasilkan tenaga 38 PS yang diusungnya terletak di sisi belakang mobil--konsep yang juga dipakai VW klasik.

Tata mengklaim mobil berpenggerak roda belakang itu mampu dipacu hingga kecepatan 105 km/jam dan torsi 4.000 rpm.

Selain letak mesin, Nano juga mempunyai keunikan lokasi lubang pengisi bahan bakar dan ban cadangan yang berada di sisi depan kemudi.

Dengan jarak antara roda depan dan belakang 2230 milimeter, mobil yang menggunakan roda berukuran 4Bx12 itu mampu berputar dalam radius empat meter.

Kendaraan bertransmisi empat langkah maju dan satu langkah belakang itu mempunyai sistem penggerak jendela otomatis untuk deret kursi depan dan manual untuk deret kursi belakang.

Nano yang hanya memiliki satu penyeka kaca depan (wiper) itu memiliki panjang 3099 milimeter, lebar 1495 milimeter, tinggi 1652 milimeter, dan jarak antar bodi mobil dengan tanah (ground clearance) 180 milimeter.

PT Tata Motors Indonesia berencana menghadirkan jajaran kendaraan roda empat di Indonesia, termasuk Nano, setelah membuka jaringan dealernya berserta pabrik perakitan di Indonesia pada 2013.

Perusahaan asal India itu juga memanfaatkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 sebagai ajang untuk mengenalkan diri dan produk-produknya ke konsumen otomotif tanah air, termasuk Tata Nano CNG yang berbahan bakar gas.
Tentang post ini