Sunday, January 26, 2014

Menghindari Jebakan Hacking




Selamat sore semua,

Kali ini saya akan berbagi dengan pembaca semua mengenai cara menghindari jebakan hacking, langsung saja kita ke topik.

Zaman sekarang modus hacking sudah beredar dimana-mana, mulai dari laptop hingga flashdisk bisa membuat informasi kita terbongkar. Modus hacking yang saat ini sering dilakukan adalah dengan cara merekam apa saja yang kita ketik termasuk password pada sebuah device, seperti laptop atau komputer. Kemudian sang hacker akan melihat hasil rekamannya itu dan bingo! Dapatlah yang dia inginkan. Tetapi setelah saya mempelajari lebih lengkap mengenai program seperti itu, ternyata terdapat beberapa kelemahan yang akan membuat hacker lebih susah untuk membobol password kita. Program perekam ketik seperti itu akan merekam semuanya yang kita ketikkan di keyboard, termasuk alt, tab, caps lock, shift dan lain sebagainya. Sehingga tidak bisa membaca simbol yang perlu diketikkan menggunakan tombol yang lebih dari satu seperti # ! @ $ % ^ & * ( ), biar saya jelaskan

Misalnya kita akan menulis simbol pagar '#', untuk mengetikkan itu kita perlu menekan tombol shift + 3 (dalam laptop saya) karena simbol # berada satu tombol dengan angka 3. Misalnya password suatu akun socmed kita adalah 1234#, ketika kita mengetikkan password itu maka yang terekam oleh program perekam ketik adalah 

1 2 3 4 shift 3

Sehingga hal itu akan membuat hacker bingung, dan mereka harus bekerja dua kali untuk menemukan password kita yang sebenarnya.

Jadi saran saya sebaiknya kita menggunakan simbol-simbol yang harus menekan dua tombol dalam pengetikkannya dalam password kita, itu semua dilakukan demi keamanan dan kenyamanan kita semua.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga menjadi pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih telah membaca artikel saya.
Semoga sukses!
Tentang post ini